Gun's Blog

Just another WordPress.com weblog

Bersama menggapai impian

Bertempat di jalan puspita VII no. 12, “warung garasi”nya Pak Arry, kelompok mmc1 kembali mengevaluasi langkah-langkah yang telah ditempuh dalam menggapai impiannya menjadi pengusaha sukses. Hadir Pak Mualif, Pak Agus, Bu Wiwin, Pak Anas, dan saya (Gun).

suasana "warung garasi" saat dijadikan tempat pertemuan kelompok mmc1
suasana “warung garasi” saat dijadikan tempat pertemuan kelompok mmc1

Dimulai dengan “wifle”nya Pak Sangadi Budi yang mana 2 kali tidak dapat menghadiri pertemuan sebelumnya. Tempat les baca tulis cepat untuk anak yang dikelolanya tidak mencapai jumlah murid yang diharapkan. Cash flow usaha busana muslim yang dirintisnya kurang bagus, karena menggunakan cara pembayaran dengan tempo terhadap pelanggannya.

Dari permasalahan seperti ini peserta lain memberikan masukan tentang pentingnya cash flow/perputaran uang. Lebih baik keuntungan kecil dengan cash flow bagus daripada keuntungan besar tapi cash flownya keteteran. Hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan meminta keringanan pembayaran pada supplier. Ambil barang, bayar setengah harga dulu. Dan disini sangat ditekankan pentingnya menjaga amanah. Peserta lain yang mempunyai bisnis pakaian seperti ini mempunyai masalah yang sama.

 Kali ini Pak Agus kembali memfokuskan usahanya pada bengkelnya yang di Karawang. Bekerja sama dengan distributor spare part mencoba memasarakan spare part merk baru. Pembahasan kali ini muncul ide “menjemput bola” memberikan service motor bagi karyawan diperusahaan-perusahaan swasta. Hal ini didasari pada kenyataan bahwa banyak karyawan yang menggunakan motor sebagai alat transportasi ke tempat kerja, tapi jarang mereka yang memiliki waktu untuk men’servis’ motornya. Disaat ada waktu luang, pasti antriannya panjang.

Project tas tangan Bu Wiwin nampaknya stag, sedangkan menu baru Bakmie Semar “mie pedas”nya tampaknya dapat diterima oleh konsumen.

Pak Anas yang datang agak terlambat makin ngebut dengan bisnis sabun curahnya. Saran untuk memasang iklan di indonet telah dicobanya, dan hasilnya beliau mendapat oder 1juta liter per tahun dari calon pembeli di Afrika. Sebelum memulai wifle, Pak Anas memberikan kartu nama yang baru dimana disitu tertulis sebagai marketing director. Persiapan untuk segera full tda pun dipercepatnya, bulan depan segera resign dari perusahaan tempatnya bekerja untuk fokus di bisnis sabun curah.

pemilik "saung garasi" tampak mengenakan kaos cimart

pemilik "saung garasi" tampak mengenakan kaos cimart

Pak Arry masih exist dengan nuggetnya. Saat ini mencoba mencari second supplier supaya stoknya aman dan tidak dikerjain supplier disaat penjualan sedang tinggi.  Pak Sangadi memberikan alternatif untuk memasarkan “kemfood”  dimana sebelumnya ada undangan dari kemfood di milist Cikarang Baru. Usulan ini tampaknya dapat diterima.     Selain usaha rumahan bersama sang istri, Pak Arry juga menjalin kerjasama membuat web bersama Pak Wawan.

Giliran saya menyampaikan wifle, saya sudah mendapatkan tempat untuk membuka warung makan. Konsepnya mirip dengan mini food court Padasuka-nya Bu Wiwin. Selain warung makan, akan ada 3 stand untuk tempat jualan makanan yang lain seperti mie bakso, somay atau es sehingga konsumen diberi keleluasaan untuk memilih makana favoritnya. Tinggal mendirikan bangunan berupa saung. Insya allah sebelum memasuki bulan puasa, saung ini sudah berdiri. Saat ini sedang mencari bahan bangunan seperti ijuk dan bambu bitung, serta calon pegawai.

Terakhir giliran Pak Ketua menyampaikan wifle-nya. Kantor cabang yang hendak dibuka di Tangerang belum berjalan karena belum menemukan karyawan yang tepat. Beliau tidak mau membajak karyawan dari perusahaan sejenis. Tapi lebih suka mencari orang baru dan menduplikasi pengalamannya.

Pukul12.00 acara berakhir. Pak Arry dan Pak Anas melanjutkan acara ke Sami Kuring, dimana Pak Rui sedang mengadakan even tahunannya bersama Pak Eko sebagai mc-nya. Sebelum acara ditutup, Pak Ketua mengingatkan kembali anggota mmc1 tentang rencana ibadah haji bareng tahun 2012.

Juli 27, 2009 - Posted by | Uncategorized | ,

2 Komentar »

  1. Mantap laporannya pak.
    Rasanya jadi ikut acara tersebut deh.

    Saya sendiri masih berkutat dengan proses penulisan buku yang harus tetap selesai di bulan september 2009 ini.

    Tanggalnya akan ditentukan bersama dengan pak Rui, karena kebetulan kita punya even yang berdekatan tanggalnya.

    Pak Rui tanggal 11 dan saya tanggal 14. Usul ma Nu setelah tanggal 14, tapi kayaknya kebentur dengan acara lebaran, jadi mungkin antara tanggal 11 dan 14.

    Tanggal 11 Juga gak apa-apa, yang penting acaranya adalah Buka Bersama MMC [1,2,3 dst]

    Salam

    Komentar oleh eshape | Juli 28, 2009 | Balas

  2. Sukses Pak, semoga bukunya dapat segera terbit.
    Ditunggu edisi perdananya.

    Komentar oleh ggunawan | Juli 28, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: